Tradisi Tanggal Tujuh Bulan Pertama Imlek

Di tanggal Tujuh ini orang China kuno banyak melakukan tradisi yang sangat menarik. Kebanyakan berhubungan dengan kesenangan dan permainan, karena mitos China kuno menyebut Tanggal Tujuh ini sebagai "Hari Manusia" 人日 - artinya, semua manusia berulang tahun di Tanggal Tujuh ini.

Tradisi pertama yakni memakai hiasan kepala, dinamakan "ren-sheng" 人胜. Kebanyakan berbentuk orang-orangan, ada juga yang berbentuk bunga.

Selain itu, masyarakat China kuno juga menyantap tujuh macam sayur (pertanda Tanggal Tujuh). Apalagi bagi masyarakat petani. Tujuh macam sayur mayur ini dipercaya bisa memberi hasil panen yang melimpah ruah. Adapun jenis sayur mayur yang disantap berbeda-beda antara daerah satu dengan daerah yang lainnya.

Para pemuda dan pemudi, serta para sastrawan umum berwisata ke gunung tinggi, dan bahkan mereka juga membuat pusi di sana. Selain itu, orang-orang akan menimbang berat badan di hari ini - maklum, hari ini ulang tahun manusia, tentu orang harus memperhatikan tubuh mereka.

Di beberapa area selatan China, masyarakat punya kebiasaan menangkap ikan, lalu ketika mencampurkan dan mengaduk ikan dengan bumbu mereka akan terus berkata-kata, "Fa! Fa!" (Ini mungkin berkaitan dengan harapan agar rezeki mereka dilancarkan).

Karena hari ini ulang tahun manusia, maka orang-orang lebih diberi kebebasan dan kurangi serius. Dikatakan kantor polisi jaman dulu tidak memutuskan menjatuhkan hukuman - bahkan anak pun dibebaskan dari pelajaran oleh orang tua mereka, yang sudah genap berusia enam belas tahun atau lebih boleh berjalan-jalan. Maka ada kata-kata kuno dari Beijing, "Para anak gadis memenuhi jalan raya."

Shinta Amelia, CMD
Sinshe Akupunktur


Postingan populer dari blog ini

Apa Itu SINSHE

Totok Satu Titik di Lokasi Tubuh Tertentu Bisa Membuat Tubuh Lumpuh?

Habis Terapi Akupuntur, Terus Makin Sakit, Kok???......