Tradisi Tanggal Enam Bulan Pertama Imlek

Tanggal Enam. Pada tanggal ini, anak laki-laki yang genap berusia 12 tahun sangat disukai. Sebab 12 adalah hasil Enam dikali dua, dalam bahasa mandarin disebut liu-liu-shun 六六顺 (Enam Enam Lancar) - jadi tersirat makna "Segala hal dilancarkan".

Ada juga legenda bahwa Dewa Kekayaan Liu Hai 刘海 adalah seorang anak lelaki bertubuh montok. Liu Hai berasal dari Beijing. Karenanya, di Beijing ada permainan tradisional yang terkenal:
Anak-anak lelaki yang genap berusia 12 tahun akan memanggul 5 buah boneka kertas putih atau berwarna-warni berbentuk orang kerdil  dan berjalan di jalan raya. Siapa yang bisa mengambil orang kerdil itu, mitosnya berarti dia bisa "mengambil rezeki", sedangkan orang yang diambil boneknya, berarti dia akan terhindar dari gangguan orang jahat.
Ada juga yang membuat boneka orang kerdil dari kain, sesudah itu mereka membuangnya. Artinya, ia sudah berhasil "membuang orang jahat" dari hidupnya.

Sayangnya semua permainan tradisional ini hanya masih bertahan di kota Liaoning, dan di Beijing sendiri sudah sangat jarang terlihat. Bila teman-teman berjalan-jalan ke Liaoning di Tanggal Enam ini sekiranya bisa melihat permainan tradisional ini.

Tanggal Enam ini juga dipercaya bagus untuk bertamasya. Bahkan ada orang yang bertamasya sampai seminggu penuh saking baiknya hari ini untuk berwisata.

Shinta Amelia, CMD
Sinshe Akupunktur


Postingan populer dari blog ini

Apa Itu SINSHE

Totok Satu Titik di Lokasi Tubuh Tertentu Bisa Membuat Tubuh Lumpuh?

Habis Terapi Akupuntur, Terus Makin Sakit, Kok???......