Tradisi Tanggal Tiga Bulan Pertama Imlek

Tradisi Tanggal Tiga Bulan Pertama Imlek 正月初三习惯

Berlainan dengan tanggal Satu dan Dua kemarin, Satu Imlek ini di tanggal Tiga Bulan Pertama ini tidak baik datang berkunjung/bai-nian 拜年 ke rumah siapapun, baik itu famili atau teman dan kolega.

Sebab hari ini adalah Hari "Chi Gou" 赤狗 (Anjing Merah). Anjing Merah adalah dewa yang pemarah, jadi bila bertuburukan dengannya dipercaya akan kena sial, diantaranya bisa bertengkar mulut. Makanya orang Tionghoa jaman dulu pantang sekali bai-nian hari ini, kalaupun terpaksa harus bai-nian mereka akan membawa tolak bala untuk menahan mulut dan lidah, agar jangan omong sembarangan. Tapi pada zaman modern sekarang dimana orang-orang sibuk bekerja sehingga jarang punya waktu luang, orang sudah tidak begitu peduli pantangan ini. Walau begitu, untuk mereka yang pada hari-hari sebelumnya sudah lelah berpesta pora dan mengunjungi sanak saudara memang sebaiknya tidak keluar - tinggalah dalam rumah dan beristirahatlah. Boleh bangun lebih siang.

Mungkin memang hari ini dimaksudkan agar orang-orang istirahat, ada lagi kepercayaan lain untuk Tanggal Tiga ini. Yakni, Hari Tikus Menikah 老鼠娶亲. Tikus-tikus dipercaya akan menikah di rumah! Oleh karena itu, orang zaman dulu mematikan lampu tidak terlalu larut, dan pergi tidur. Jangan bertemu malam-malam dengan tikus-tikus yang sedang menikah!

Tanggal Tiga Bulan Satu juga disebut "Hari Ulang Tahun Padi-Padian" 谷子生日. Masyarakat Tionghoa juga pantang makan nasi , apalagi mereka yang shio-nya sedang ciong di tahun bersangkutan. Karena mitosnya mereka akan bisa kekurangan makan.

Hari ini kedengarannya buruk ya, sebab banyak sekali pantangannya? Tapi ternyata, ada hal bagus juga dirayakan di hari ini. Terutama dirayakan oleh istana kekaisaran masa Dinasti Song. Adapun Kaisar Song Zhenzong merayakan secara besar-besaran, sebab dipercaya hari ini Kitab Langit turun ke bumi. Hari ini pun dikuduskan sebagai "Hari Perayaan Langit" 天庆节, yang selanjutnya dikenal sebagai "Xiao-Nian-Chao" 小年朝 (jika diartikan harafiah: Istana Merayakan Tahun Baru Kecil). Para pejabat pemerintah akan beristirahat selama lima hari.

Shinta Amelia, CMD
Sinshe Akupunktur


Postingan populer dari blog ini

Apa Itu SINSHE

Totok Satu Titik di Lokasi Tubuh Tertentu Bisa Membuat Tubuh Lumpuh?

Habis Terapi Akupuntur, Terus Makin Sakit, Kok???......