Tradisi Tanggal Dua Bulan Imlek

Hari ini adalah tanggal Dua Bulan Pertama dalam Kalender Imlek.

Ada banyak tradisi kuno yang dilakukan masyarakat Tionghoa sejak zaman kuno, beberapa di antaranya masih dilakukan sampai jaman sekarang.

Tradisi-tradisi itu di antaranya:

1. Pulang ke rumah orangtua pihak wanita 回娘家.
Para wanita yang sudah menikah akan membawa suami dan anak-anaknya ke rumah orangtuanya di tanggal Dua ini. Adapun benda yang dibawa adalah Angpao untuk anak-anak di rumah orangtua pihak wanita, serta hadiah-hadiah lain. Serta makan siang di sana.

2. Sembahyang pada Dewa Rezeki 祭财神.
Ini terutama dilakukan oleh masyarakat China Utara. Sedangkan masyarakat China Selatan bersembahyang pada tanggal Lima kalender Imlek (area utara dan selatan di China ditentukan apakah area itu di utara atau selatan Sungai Huang Ho). Tradisi ini dilakukan oleh semua orang, baik pedagang ataupun orang awam. Sesajen yang diberikan antara lain: kambing, ayam jantan, kue nian-gao年糕, mantou馒头, dll. Saat makan siang, juga menyantap pangsit (tradisi kuno menyebutnya yuanbao tang 元宝汤). Sebab bentuk pangsit seperti uang di zaman dulu, menyantap pangsit dipercaya bisa menambah rezeki.

3. Jangan tidur siang 忌午睡 .
Mitosnya, yang tidur siang akan jadi malas sepanjang tahun. Tapi mitos ini mungkin didasarkan kenyataan; Banyak tamu berdatangan ke rumah, jadi kalau tidur siang bisa memberi kesan tidak sopan pada tamu.

4. Santapan Pembuka Tahun 开年饭.
Tanggal Dua Bulan Pertama Imlek disebut juga "Pembuka Tahun" 开年. Masyarakat Guang Dong wajib menyantap Santapan Pembuka Tahun, terutama pedagang. Makanan yang disantap sangat semarak, dipercaya ini bisa melancarkan rezeki.

5. Makan Mie 吃面. 
Mie berbentuk panjang-panjang, makan mie dianggap dapat me"manjang"kan rezeki.

Shinta Amelia, CMD
Sinshe Akupunktur


Postingan populer dari blog ini

Apa Itu SINSHE

Totok Satu Titik di Lokasi Tubuh Tertentu Bisa Membuat Tubuh Lumpuh?

Habis Terapi Akupuntur, Terus Makin Sakit, Kok???......