Tempelan Kertas

Ada lagi kebiasaan orang Tionghoa saat menyambut Tahun Baru Imlek.

Orang Tionghoa menempelkan Tempelan Kertas dalam bentuk bermacam-macam. Biasanya yang ditempelkan adalah:

1. Tulisan "FU" 福, yang biasanya terbalik. Huruf FU artinya Bahagia. Maksudnya, penghuni rumah mengundang Kebahagiaan masuk ke dalam rumah. Jadi dipasang terbalik, konon diawali keteledoran seorang kasim di zaman Dinasti Qing ( abad 17 - 20 awal) yang salah memasang - dan malah itu jadi terbiasa sampai sekarang.

2. Papper Cutting - atau Tempelan Kertas. Ini biasanya ditempel di permukaan kaca jendela. Gambarnya bermacam-macam, ada binatang, tumbuhan dsb, yang intinya membawa keberuntungan dan kebahagiaan.

1 dan 2 didominasi warna merah. Merah, adalah warna yang dianggap orang Tionghoa membawa keberuntungan dan bisa mengusir bencana

3. Lukisan Imlek 年画, dipasang di pintu dan dinding. Biasa bergambar figur legendaris serta ikan yang dipercaya membawa hoki.

4. Lukisan "Dewa Pintu" 门神. Adanya Dewa Pintu dipercaya membuat para setan takut untuk merecoki rumah penghuni. Adapun rupa Dewa Pintu berganti seiring pergantian dinasti, biasanya yang dianggap rakyat sangat kuat dan bisa melindungi negara. Sekarang ini kebanyakan masyarakat China memakai rupa Guan Yu dan Zhang Fei yang adalah jenderal terkenal jaman Samkok, sebagai Dewa Pintu.

Shinta Amelia, CMD
Sinshe Akupunktur


Postingan populer dari blog ini

Apa Itu SINSHE

Totok Satu Titik di Lokasi Tubuh Tertentu Bisa Membuat Tubuh Lumpuh?

Habis Terapi Akupuntur, Terus Makin Sakit, Kok???......