Sun Simiao: Makan Malam Kenyang akan Mengurangi Umur Satu Hari - Pentingnya Mengatur Pola Makan Malam




Judul di atas mungkin kedengarannya agak hiperbola, namun menjelaskan satu hal: Makan malam yang salah bisa memunculkan penyakit.

Sebab ada penelitian yang menyatakan bahwa salah satu penyebab penyakit datang dari pola makan yang salah. 

Mari kita tilik dua kalimat yang dikutip dari dua kitab kuno Chinese Medicine di bawah ini:

Lambung yang tidak harmonis menyebabkan tidur tidak tenang ——《Huang Di Nei Jing》

(Bila) makan malam kenyang akan mengurangi usia satu hari ——《Qian Jin Yao Fang》.

Sebenarnya, Chinese Medicine memiliki satu kesamaan aturan dengan Buddhisme, yakni "Tidak makan setelah tengah hari." Yang dimaksud dengan tengah hari adalah pk 11 - 13. Dalam Kitab 
《Mozi - Za Shou》ditulis, setiap hari prajurit hanya makan dua kali:

Pertama disebut "Chao Shi" “朝食”,sama dengan sarapan pagi kita.

Yang kedua disebut "Shi" “食”, saat sekitar pk 16.

Namun pola hidup kita sebagai orang di zaman modern, apalagi Kaum Karyawan yang masuk kantor jam delapan dan pulang jam lima, sudah sangat berbeda dengan orang di zaman kuno itu. Kita memerlukan lebih banyak makanan dan asupan energi, jadi susah untuk benar-benar menerapkan pola makan di atas. Tapi tetaplah baik bagi kita untuk mengurangi makan malam untuk kesehatan diri kita.

Kebanyakan kaum pekerja, karena terlalu diburu waktu, pola makan jadi tidak teratur. Pada pagi hari karena takut terlambat sehingga makan pagi asal saja, pada siang hari karena sibuk bekerja sering melupakan makan siang, barulah pada saat makan malam, karena waktu luang yang lebih banyak, orang-orang jadi makan sepuas-puasnya saat malam, bahkan bisa makan-makan saat tengah malam.

Saat muda organ tubuh masih sehat, sehingga walau salah, pola makan malam itu tidak akan menyebabkan sakit. Namun seiring waktu, manusia menjadi tua, tapi pola makan malam yang salah tetap dilanjutkan, saat itulah penyakit bermunculan.

Sebenarnya tubuh kita pada malam hari mengalami pergantian dari "Yang" ke "Yin". Dari yang tadinya aktif untuk bekerja menjadi relaks dan istirahat. Makan malam dengan kadar sedikit dan sederhana akan membantu tubuh kita untuk bisa beristirahat dengan lebih baik.

Oleh: Sinshe Shinta Amelia CMD

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu SINSHE

Totok Satu Titik di Lokasi Tubuh Tertentu Bisa Membuat Tubuh Lumpuh?

Habis Terapi Akupuntur, Terus Makin Sakit, Kok???......