Dahak - Phlegm




Ada satu jenis penyakit dalam Chinese Medicine yang disebut dengan TAN YIN (baca: Than Yin).

Mengapa saya tidak mengartikannya ke dalam bahasa Indonesia? Karena, sulit untuk diartikan secara tepat hanya dengan menggunakan satu padanan kata yang cocok.

Buku ajar Chinese Medicine di Indonesia mengartikannya sebagai Dahak dan Cairan. Tapi sebetulnya juga tidak benar-benar cocok. Karena dahak menunjuk pada benda yang terlihat mata, sementara Tan Yin, selain menunjuk pada yang kasatmata, juga mencakup yang tak terlihat mata.

Tan Yin sendiri menunjuk pada cairan yang bersifat patogenik (menyebabkan penyakit). Yang jernih disebut Yin, dan yang keruh disebut Tan. Tan Yin bisa berasal dari dalam tubuh, atau luar tubuh. 

Anda sekalian pasti penasaran dong, dengan Tan Yin yang tidak terlihat? Jadi, cairan patogenik itu benar ada, namun ia tak terlihat. Ia tampil sebagai penyakit yang mengganggu, contohnya seperti pusing, sakit kepala, atau bahkan maniac.

Adapun penyebab Tan Yin ini bermacam-macam, misalnya Enam Patogen dari luar (yang dulu pernah saya jelaskan), tujuh emosi, serta pola makan dan minum yang salah. Kemudian mengganggu sistem organ di tubuh, aliran Qi dalam tubuh menjadi kacau, tidak mampu mengatur sirkulasi air dalam tubuh dan terciptalah Tan Yin.

Selanjutnya, ciri-ciri Tan Yin adalah sebagai berikut:
1. Mengganggu sirkulasi Qi dan darah. Ia bisa menyumbat jalur sirkulasi yang baik dan menyebabkan gejala seperti gerak tubuh terganggu, nyeri otot, mual, dada sesak, batuk berdahak, dsb.

2. Mengganggu peredaran cairan dalam tubuh.

3. Mengganggu jiwa (psikis), misalnya menyebabkan tidak konsen, pusing, hilang kesadaran, atau maniac.

4. Ia mudah bercampur dengan jenis penyakit yang lain, dan perubahannya pun sangat cepat serta sulit diprediksi. Jika Tan Yin sudah lama menumpuk dalam tubuh, dan kondisi penyakit bercampur baur, kondisi ini akan menjadi sulit dan memakan waktu penyembuhan yang lama.

Terimakasih telah membaca!

Sinshe Shinta Amelia CMD
Sinshe Akupunktur

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu SINSHE

Totok Satu Titik di Lokasi Tubuh Tertentu Bisa Membuat Tubuh Lumpuh?

Habis Terapi Akupuntur, Terus Makin Sakit, Kok???......