Angin Menurut Chinese Medicine



Sangat menarik ketika kita membahas tentang Angin, karena ilmu medis konvensional sangat membantah Angin sebagai sumber penyakit di tubuh manusia.

Tapi Angin memang benar menjadi salah satu penyebab penyakit, bahkan jika tidak ditangani dengan benar, bisa berakibat sangat fatal, bahkan menyebabkan kematian.

Para ilmuwan menyatakan Angin tidak mungkin menjadi penyebab penyakit, karena ketika mereka melakukan pembedahan tidak diketemukan adanya Angin di tubuh yang sakit itu. Dan ini yang menjadi bukti tegas mereka.

Namun kacamata Chinese Medicine melihat dari sudut pandang yang lain.

Bahwa bukan wujud Angin secara fisik yang menyebabkan sakit.

Melainkan, gejala penyakit yang timbul itu memiliki karakteristik yang mirip dengan Angin tersebut, yang menyebabkan sakit.

Chinese Medicine memang merupakan suatu ilmu yang tidak terlalu menitikberatkan wujud kasatmata sesuatu. Makanya banyak hal yang terdengar janggal dan tidak nyata dalam istilah-istilahnya, seperti Qi, Xue, Angin, Panas dsb. Namun, tidak terlihat, bukan berarti tidak ada, bukan?

Adapun gejala yang menyerupai karakteristik Angin tersebut, menurut Chinese Medicine mempunyai ciri-ciri diantaranya sebagai berikut:

1. Bersifat ke atas. Cenderung menyerang tubuh bagian atas.
2. Berpindah-pindah. Kita tahu bahwa Angin mudah pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Ini juga sama. Penyakit mudah berpindah dan berubah, mudah timbul bahkan kalau parah bisa berakibat fatal, dan itu terjadi dengan sangat cepat.
3. Bersifat Yang - Angin bersifat aktif dan bergerak. 

Bila terserang Angin, gejala yang ringan biasanya mencakup flu, batuk, pilek, otot pegal linu, sakit kepala, pusing ataupun meriang. Namun jika parah bisa menyebabkan bell's palsy palsy, stroke, bahkan berujung pada kematian.

Sinshe Shinta Amelia, CMD

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu SINSHE

Totok Satu Titik di Lokasi Tubuh Tertentu Bisa Membuat Tubuh Lumpuh?

Habis Terapi Akupuntur, Terus Makin Sakit, Kok???......