Panas Menurut Chinese Medicine



Selain Angin, Panas juga bisa menyebabkan sakit. 

Di Indonesia, Panas menjadi salah satu faktor penyebab penyakit utama, antara lain disebabkan Indonesia tidak punya musim dingin, tidak seperti negara lain yang memiliki musim dingin.

Selain itu, juga dikarenakan oleh jenis makanan yang dikonsumsi. Sekarang ini yang disukai orang adalah makanan berlemak, gorengan, panggang, snack, banyak micin serta berkolestrol tinggi. Itu semua juga bisa menyebabkan Panas muncul dan merusak tubuh.

Tapi jangan langsung berpikir bahwa Panas yang dimaksud adalah soal temperatur. Ada yang menanyakan, "Kalau begitu, saya tidak boleh minum air panas? Tidak boleh makan makanan yang baru saja matang? Tidak boleh banyak kena sinar matahari? Tidak boleh mandi air panas?" Dan seterusnya.

Walau ada faktor temperatur bermain disini, namun bukan itu yang secara spesifik menyebabkan sakit. Sama halnya seperti Angin (Anda bisa membaca artikel yang pernah saya tulis dahulu), semua jenis Faktor Penyebab Penyakit dalam Chinese Medicine itu tidak dinilai dari wujud kasatmata, melainkan lebih ke arah karakteristik sifat gejala penyakit yang timbul tersebut.

Air hangat, sinar matahari, serta makanan yang baru matang, meskipun panas, namun kecil kemungkinan bahkan tidak bisa menimbulkan penyakit.

Adapun ciri-ciri Panas dalam Chinese Medicine diantaranya sebagai berikut:
1. Bersifat Yang; Ke Atas. Cenderung menyerang tubuh bagian atas
2. Merusak Cairan dan Energi (Qi)
3. Menimbulkan Penyakit Angin
4. Mengganggu Darah (bisa menimbulkan pendarahan)
5. Mengganggu Jiwa (mengacaukan psikis/pikiran)
6. Mudah menyebabkan bisul dan korengan

Sinshe Shinta Amelia, CMD

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu SINSHE

Totok Satu Titik di Lokasi Tubuh Tertentu Bisa Membuat Tubuh Lumpuh?

Habis Terapi Akupuntur, Terus Makin Sakit, Kok???......