Tanggal Sembilan Bulan Pertama Imlek

Tanggal Sembilan ini merupakan hari yang istimewa, sebab hari ini merupakan hari ulang tahun Kaisar Giok 玉皇大帝. Ada bermacam-macam nama untuk Tanggal Sembilan ini, di antaranya Tian Ri 天日,Yu Huang Dan 玉皇诞, dan Tian Gong Sheng 天公生. Kaisar Giok dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa adalah pemimpin tertinggi para dewa. Karenanya seluruh kuil, dan juga tiap-tiap keluarga mengadakan ritual doa dengan upacara megah dan besar-besaran. Doa yang dilakukan sangat kompleks, dan terdiri atas proses yang panjang. Apapun yang dilakukan pada hari ini haruslah merupakan hal yang baik dan harmonis, tidak boleh menyinggung para Dewa.

Selain itu "Sembilan" dalam numerologi Tionghoa adalah angka satuan yang tertinggi "Dimulai dari Satu, mencapai puncak di Sembilan." Segala hal dimulai dari "Satu", berarti di "Sembilan" inilah mencapai puncaknya.

Tanggal Sembilan Bulan Pertama Imlek ini juga adalah tanggal yang paling penting bagi orang Fujian atau Hokkian. Sebab di tanggal ini, pada zaman dahulu orang Fujian berhasil menyelamatkan diri dari serangan musuh yang berniat membunuhi para penduduk Fujian. Adapun penduduk Fujian berhasil menyelamatkan diri oleh sebab menyembunyikan diri di perkebunan tebu. Maka penduduk Fujian sangat berterima kasih atas perlindungan Tian Gong / Ti Kong 天公.

Shinta Amelia CMD
Sinshe Akupunktur


Postingan populer dari blog ini

Apa Itu SINSHE

Totok Satu Titik di Lokasi Tubuh Tertentu Bisa Membuat Tubuh Lumpuh?

Habis Terapi Akupuntur, Terus Makin Sakit, Kok???......