Tradisi Tanggal Delapan Bulan Pertama Imlek

Tanggal Delapan ini disebut juga "Hari Padi-Padian" 谷日 - Hari dimana padi-padian berulang tahun. Ada mitos kuno yang mengatakan jika hari ini cerah, maka hasil panen akan berlimpah ruah; tapi jika cuaca mendung atau buruk, hasil panen juga akan buruk.

Ada juga mitos yang menyebutkan bahwa di Tanggal Delapan inilah "Seluruh Bintang turun ke Dunia". Orang pun beramai-ramai membuat lampion dan berdoa - ritual ini dinamakan "shun-xing" 顺星 (Mengikuti Langit). Masyarakat juga melakukan "fang-sheng" 放生 atau melepaskan makhluk hidup. Hewan peliharaan yang tadinya diternakkan, dikurung bahkan untuk disembelih, kini dilepas ke alam bebas. Manusia menghormati para dewa dengan berbuat kebaikan pada makhluk hidup. Hewan yang dilepas biasanya adalah burung dan makhluk air (ikan, kura-kura dsb).

Karena hari ini tanggal "delapan", maka masyarakat berdoa kepada Delapan Dewa 敬八仙节. Delapan Dewa sangat dihormati masyarakat China karena mereka sangat bersedia menolong orang yang kesusahan. Masyarakat umumnya membawa buah-buahan saat berdoa ke Kuil Delapan Dewa.

Beberapa pedagang dan pengusaha juga baru memulai usaha kembali di Tanggal Delapan ini, Karena "Delapan" (mandarin: "ba") pengucapannya mirip-mirip dengan "dapat (rezeki)" (mandarin: "fa"). Mereka berharap usaha mereka agar dilancarkan rezekinya di tahun ini.

Shinta Amelia, CMD
Sinshe Akupunktur


Postingan populer dari blog ini

Apa Itu SINSHE

Totok Satu Titik di Lokasi Tubuh Tertentu Bisa Membuat Tubuh Lumpuh?

Habis Terapi Akupuntur, Terus Makin Sakit, Kok???......