Periode Da Xue - Salju Besar 大雪

7 Desember 2020

Periode Da Xue - Salju Besar 大雪



Sesudah Xiao Xue lewat, sub-musim selanjutnya adalah Da Xue, secara harafiah diterjemahkan sebagai Salju Besar.

Sesuai namanya, di periode ini suhu sangatlah fingin sampai-sampai menurunkan "Salju Besar"; salju yang turun dengan deras sekali. Masyarakat akan semakin memperhatikan kondisi suhu agar bisa berjaga-jaga dengan lebih baik. Boleh dibilang musim dingin secara resmi dimulai di periode ini. Namun walau disebutkan "Salju Besar", pada kenyataannya belum pasti juga salju yang turun sudah pasti benar-benar akan deras.

Pada periode Da Xue ini masakan yang dipilih masyarakat China terutama adalah daging kambing. Daging kambing mampu mentonifikasi stamina serta menghangatkan tubuh. Ketika orang-orang kumpul-kumpul dan makan bersama mereka akan menyantap daging kambing dalam Hot Pot 火锅.
  
Ada pepatah China kuno "Salju yang Penuh Rezeki adalah pertanda bagi Tahun yang Makmur" 瑞雪兆丰年. Maksudnya, di musim dingin, salju-salju akan menumpuk dan menutupi seluruh permukaan bumi, ini jelas tidak baik untuk bercocok tanam, tetapi tanah yang tertimbun salju ini tidak akan terkena dampak angin musim dingin, dan malah baik untuk ditanami saat musim semi tiba nanti. Selain itu, saat timbunan salju mencair, akan menambah resapan air dan membantu kesuburan tanah, malah dikatakan lebih baik 5 kali lipat dibandingkan curahan air hujan.

Terimakasih telah membaca!
Sinshe Shinta Amelia CMD
Sinshe Akupunktur

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu SINSHE

Totok Satu Titik di Lokasi Tubuh Tertentu Bisa Membuat Tubuh Lumpuh?

Habis Terapi Akupuntur, Terus Makin Sakit, Kok???......