Periode Li Xia

Li Xia 立夏

Hari ini adalah Periode Li Xia dalam Penanggalan Imlek. Li 立, berarti Berdiri; Xia 夏, berarti musim panas. Boleh dibilang, Li Xia adalah awal dari musim panas. Masyarakat berdoa meminta  kepada Tuhan Yang Maha Esa agar tahun ini panen berlimpah, angin dan hujan membawa berkah dan bukan bencana, segala sesuatu berjalan dengan lancar. 

Saat Li Xia, pemandangan sangat indah, bunga-bunga bermekaran, pepohonan tumbuh subur dan lebat.

Ada tradisi yang dilakukan masyarakat China pada saat ini, yakni makan kacang polong dan menimbang berst badan. Tradisi ini berdasarkan legenda berikut ini:

Pada zaman Sam Kok, sesudah Zhuge Liang berhasil "menangkap Meng Huo dan melepaskan nya sebanyak tujuh kali", Meng Huo yang akhirnya sepenuhnya tunduk pada negara Shu Han, sangat menghormati Zhuge Liang.

Sebelum Zhuge Liang meninggal, ia berpesan pada Meng Huo agar menjaga Liu Shan, Kaisar Shu Han yang merupakan putera Liu Bei.

Sehingga, setiap Li Xia Meng Huo selalu menjenguk Liu Shan.

Kebiasaan ini tak berubah sampai Shu Han musnah dan Liu Shan ditempatkan oleh Kaisar Dinasti Jin, Jin Wudi, di kota Luoyang.

Saat ke Luoyang Meng Huo bahkan membawa timbangan. Rupanya ia khawatir Liu Shan hidup merana dibawah tekanan Jin Wudi.

Jika Liu Shan kurus, Meng Huo akan langsung menyerang Jin.

Khawatir dengan ancaman itu, Jin Wudi mengutus orang untuk memasak kacang polong yang segar-segar dan beras ketan yang beraroma harum.

Makanan itu begitu lezatnya sehingga membuat Liu Shan tidak bisa berhenti memakannya. Akhirnya setiap kali ia menimbang tubuh, beratnya selalu bertambah dari tahun sebelumnya.

Meng Huo menjadi tenang, Jin Wudi pun bernafas lega.

Di Luoyang Liu Shan sangat rendah hati, suka membantu masyarakat setempat, sehingga penduduk Luoyang suka kepadanya. Orang-orang pun mengikutinya memakan kacang polong dan menimbang berat badan.

Tradisi ini tetap diturunkan sampai sekarang.

By: Sinshe Shinta Amelia CMD
Sinshe Akupunktur

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu SINSHE

Totok Satu Titik di Lokasi Tubuh Tertentu Bisa Membuat Tubuh Lumpuh?

Habis Terapi Akupuntur, Terus Makin Sakit, Kok???......