Pola Tidur Menurut Kitab Kuno Huang Di Nei Jing


Huang Di Nei Jing 黄帝内经 adalah salah satu kitab tertua di China - bahkan di dunia -  yang membahas tentang cara menjaga kesehatan tubuh.

Salah satunya yang dibahas adalah pola tidur.

Ada 3 macam pola tidur yang dibahas:

1. Tidur lebih larut, bangun lebih awal 夜卧早起.
Jangan dipikir ini berarti Huang Di Nei Jing menyarankan kita untuk begadang. Perlu dipahami bahwa masa Huang Di Nei Jing ditulis adalah ribuan tahun yang lalu, belum ada lampu, sehingga tepat sesudah matahari terbenam keadaan sudah sangat gelap dan orang sudah sulit untuk beraktivitas. Apalagi juga tidak ada teve, gadget, mobil, bar, mall dll, mau berpesta ria pun juga tidak bisa. 
Ini maksudnya adalah, sebaiknya sesudah matahari terbenam kita duduk-duduk di halaman dulu, memandangi keindahan langit malam serta bintang yang bertaburan menghiasi malam. Lalu merilekskan pikiran agar menjadi tenang, dan setelah itu barulah pergi tidur.



2. Tidur lebih awal, bangun lebih awal 早卧早起.
Ini adalah pola tidur yang paling banyak disarankan oleh para sinshe kepada pasiennya, walaupun jika betul-betul menuruti Huang Di Nei Jing kita harus sudah tidur pukul tujuh atau delapan malam, dan bangun pukul empat pagi. Untuk keadaan di masa sekarang jam nya sudah dimodifikasi. Sekitar pukul sembilan malam seseorang sudah tidur dan diharuskan bangun pagi. Gunanya agar bisa melakukan banyak kegiatan pada pagi hari, seperti berolahraga. Dipercaya pula, menghafal bagus dilakukan saat ini karena otak lebih mudah menyerap hafalan.


3. Tidur lebih awal, bangun lebih siang 早卧晚起.
Ini adalah pola tidur yang dianjurkan khusus pada musim dingin. Karena durasi malam di musim dingin lebih panjang daripada siang hari. Manusia dianjurkan beristirahat lebih lama, mengikuti durasi malam yang panjang. Tapi ini tidak cocok ya, dilakukan di Indonesia. Indonesia tidak punya musim dingin. Yang ada nanti Anda dicap pemalas, hehe.


Bila diperhatikan, tidak ada tidur lebih larut dan bangun lebih siang. Ini menandakan pola tidur ini memang kurang baik. Dari ilmu kesehatan modern sendiri pun juga tidak menganjurkan pola tidur ini. 

Dan menurut falsafah Tao pola tidur ini juga bertentangan dengan Yin Yang - siang dan malam. Malam hari, sudah gelap, keadaan juga tenang, ini waktunya untuk tidur namun masih begadang. Kemudian, ketika matahari terbit, keadaan juga terang dan yang lain sibuk beraktivitas, tapi Anda masih tidur - keadaan seperti ini, awal mulanya memang tidak terlihat bermasalah, namun seiring berjalannya waktu, pasti akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Kecuali memang pekerjaan Anda mengharuskan demikian, dan untuk bisa bertahan sehat, Anda mungkin harus mensuplai tubuh Anda dengan supplemen atau terapi tambahan lebih dibanding orang dengan pola tidur biasa.

Sinshe Shinta Amelia, CMD
Sinshe dan akupunktur.


Postingan populer dari blog ini

Apa Itu SINSHE

Totok Satu Titik di Lokasi Tubuh Tertentu Bisa Membuat Tubuh Lumpuh?

Habis Terapi Akupuntur, Terus Makin Sakit, Kok???......