Apa Itu SINSHE

Asal kata Sinshe berasal dari bahasa mandarin "Xiansheng, yang pada zaman dahulu berarti Guru. Dalam bahasa mandarin modern "xiansheng" 先生 sudah bukan lagi berarti Guru, melainkan panggilan untuk pria (Bapak).

Negara yang masih menyebut Guru dengan "xiansheng" adalah Jepang (xiansheng disebut "sensei"先生【せんせい】 ) dan Korea (xiansheng disebut "seonsaeng - nim"선생님 ).

Di China kuno Sinshe (xiansheng) adalah sebutan pada Guru untuk bidang apapun. Sementara di Indonesia, Sinshe menunjuk pada orang-orang tertentu yang menguasai keterampilan dalam pengobatan tradisional China.

Dalam pemikiran rata-rata orang Indonesia Sinshe adalah orang sangat tua, dengan rambut memutih seluruhnya, wajah penuh kerutan tapi memancarkan aura kebijaksanaan dan ketenangan, kalau berbicara suaranya pelan dan lembut sekali.... padahal yang ahli dalam ilmu pengobatan China belum tentu harus berpenampilan seperti itu. Banyak juga anak-anak muda, berpenampilan keren dan modis ala orang eksekutif, menguasai pengobatan china dengan baik. Di China bahkan terdapat seorang sinshe muda usia 29 tahun, dengan pasien yang harus mengantri sampai seminggu untuk berobat padanya.

Dan, gara-gara banyak oknum tidak bertanggung jawab, yang menjadikan ilmu sinshe sebagai ajang penipuan untuk mengambil uang puluhan juta dengan melakukan malpraktek terhadap pasien (misalnya memberikan racun katak pada pasien) banyak yang jadi tidak percaya bahkan paranoid dengan ilmu Sinshe. Sangat saya sesalkan apabila hanya karena orang-orang macam ini nama ilmu Sinshe jadi rusak.

Saran saya untuk menghindari oknum ini adalah: cari tahu dulu latar belakang seorang sinshe seteliti mungkin. Sebisa mungkin hindari pengobat asing karena asal-usulnya sulit diselelidiki, bila ingin berobat ke pengobat asing sebaiknya pergi saja langsung ke negeri yang bersangkutan, keamanannya 100 persen lebih terjamin - intinya sebisa mungkin carilah hanya sinshe yang bisa memberikan kita rasa aman. Jangan mudah terbujuk janji-janji yang muluk, bahkan semakin muluk janjinya, semakin tidak bisa dipercaya pengobat tersebut.


Terima kasih telah membaca! 

Oleh: Sinshe Shinta Amelia, CMD
shinta.tcm@gmail.com

Postingan populer dari blog ini

Totok Satu Titik di Lokasi Tubuh Tertentu Bisa Membuat Tubuh Lumpuh?

Habis Terapi Akupuntur, Terus Makin Sakit, Kok???......